Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Nusantara Data Center Academy dengan Politeknik Industri ATMI Cikarang

Pada hari Kamis, 20 Juni 2024, sebuah langkah penting diambil untuk menjawab kebutuhan talenta dalam industri data center di Indonesia. Nusantara Data Center Academy (NDCA) menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Politeknik Industri ATMI Cikarang.

Kesepakatan ini tidak hanya merupakan langkah maju bagi kedua institusi, tetapi juga mencerminkan komitmen terhadap pengembangan pendidikan vokasi di tanah air, dengan harapan untuk menciptakan mahasiswa yang siap kerja dan dapat memenuhi tuntutan industri data center yang semakin berkembang pesat.

Visi dan Tujuan Kerjasama

Kerjasama ini didorong oleh kebutuhan untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja di industri data center. Dalam sambutannya, Romo T. Agus Sriyono SJ, Direktur Politeknik Industri ATMI Cikarang, menekankan pentingnya pendidikan yang mampu mengubah hidup seseorang.

Menurut beliau, pekerjaan yang baik tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, tetapi juga bagi keluarga dan bangsa. Ini sejalan dengan tujuan kerjasama ini untuk mencetak lulusan yang dapat segera terserap di pasar kerja, khususnya di sektor data center.

Kondisi Pengangguran di Bekasi

Kerjasama ini juga menanggapi tantangan yang dihadapi oleh daerah setempat. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran di Kabupaten Bekasi mencapai 8,87% dan di Kota Bekasi sebesar 7,90%. Angka ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan kota atau kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya program kerjasama ini, diharapkan lulusan Politeknik Industri ATMI Cikarang dapat berkontribusi dalam menurunkan angka pengangguran tersebut, serta meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pekerjaan yang layak di industri data center.

Peran Pendidikan Vokasi

Salah satu isu yang disoroti dalam acara penandatanganan ini adalah persepsi masyarakat terhadap pendidikan vokasi. Romo Agus menekankan bahwa pendidikan vokasi sering kali dianggap sebagai pendidikan kelas dua, yang hanya diikuti oleh mereka yang dianggap nakal, kurang mampu, atau kurang pintar.

Beliau menyatakan bahwa persepsi ini harus diubah karena pendidikan vokasi sebenarnya menawarkan peluang besar bagi mereka yang ingin memperoleh keterampilan praktis dan langsung terjun ke dunia kerja.

Hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang diintegrasikan di Politeknik Industri ATMI Cikarang yaitu 4C+1L (Competence, Consience, Compassion dan Commitment & Leadership) dalam kurikulum pendidikan, dimana hal tersebut dapat membentuk karakter mahasiswa yang tidak hanya kompeten, tetapi juga dapat memberikan dampak kepada masyarakat.

Pentingnya Pendidikan Vokasi

Erick Hadi, Founder NDCA, menambahkan perspektif internasional dengan menyebutkan bahwa di Eropa, pendidikan vokasi sangat dihargai. Pendidikan vokasi di sana bukanlah pilihan terakhir tetapi merupakan jalur pendidikan yang terhormat dan cukup populer. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan vokasi memiliki tempat penting dalam sistem pendidikan dan dianggap sebagai pilar utama dalam menyiapkan tenaga kerja terampil.

Erick Hadi berharap bahwa kerjasama ini dapat mengubah persepsi negatif tentang pendidikan vokasi di Indonesia dan membantu menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan industri.

Pemberdayaan Mahasiswa Melalui Proyek Kreatif

Dalam acara penandatanganan kerjasama, delegasi NDCA mengunjungi kampus Politeknik Industri ATMI Cikarang dan mempelajari bagaimana institusi ini berusaha membentuk karakter mahasiswa melalui proyek kreatif. Salah satu contohnya adalah dorongan untuk menghasilkan karya kreatif dari sampah plastik, seperti tutup botol.

Kegiatan ini bukan hanya mengajarkan mahasiswa untuk peduli terhadap lingkungan tetapi juga mengembangkan kreativitas mereka. Produk-produk yang dihasilkan dari proyek ini dapat dijual dan hasilnya digunakan untuk beasiswa bagi teman-teman mereka. Selain itu, mahasiswa pun didorong untuk menciptakan produk, dimana metode pendidikan yang diajarkan yaitu Production Based Education and Training (PBET).

Pendekatan ini mengajarkan mahasiswa untuk memiliki dampak positif pada masyarakat sejak masa kuliah, sebuah nilai tambah yang sangat berharga ketika mereka nantinya terjun ke dunia kerja.

Apresiasi kepada Microsoft

Kami ucapkan terima kasih kepada Microsoft yang telah mendukung agar program akademi vokasi data center ini dapat berjalan.

Kesimpulan

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Nusantara Data Center Academy dan Politeknik Industri ATMI Cikarang adalah langkah penting dalam menjawab kebutuhan industri data center di Indonesia. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan praktis, pendidikan karakter, dan kemitraan dengan industri, program ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang siap kerja dan mampu bersaing di pasar kerja.

Kerjasama ini juga berkontribusi pada pengurangan pengangguran dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan vokasi. Dengan berbagai inisiatif yang direncanakan untuk pengembangan program, kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi mahasiswa, institusi, dan industri data center di Indonesia.

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nusantara Academy
We Empower The Creation of Digital Ecosystems Through Talent Reskilling and Upskilling Programs for Indonesia
Receive the latest news

Nusantara Data Center Academy Newsletter

A reference for what’s happening behind the curtains of technology developments in Indonesia