NDCC Summit 2023 – Panel Session 4 – Data Center Talents Challenges in Indonesia

Pada tanggal 11 Agustus 2023, Nusantara Data Center Academy menghadirkan event Nusantara Data Center & Cloud Summit 2023. Salah satu sesi yang dihadirkan dalam event tersebut adalah sesi diskusi panel. Pada sesi diskusi panel 4, hadir Bapak Agus Hartono Wijaya (President Director & CEO BDx Indonesia) selaku moderator serta Bapak Hendra Suryakusuma (Chairman of IDPRO), Prof. Kalamullah Ramli (Professor of Computer Engineering, University of Indonesia), Bapak Sean Chen (Director & Co-Founder of WeNetwork), dan Bapak Bambang Dwi Anggono (Director of Government Information Application Services, Ministry of Communications and Informatics Republic of Indonesia) selaku panelis.

Berikut beberapa poin-poin yang didiskusikan di dalam sesi panel 4 :

Tantangan yang terjadi di Industri data center yaitu industrinya tumbuh begitu cepat tetapi sumber daya manusianya belum mencukupi serta peta okupasi dan kompetensinya belum dibentuk secara sistematis dan terstruktur. Saat ini kebutuhan talenta di Indonesia untuk bidang TIK itu 9.000.000 talenta yang harus dicapai dalam 15 tahun mulai dari 2020 yang berarti per tahun dibutuhkan sebanyak 600.000 talenta. Jika industri data center membutuhkan 1% saja berarti dalam 1 bulan dibutuhkan 500 talenta yang bersertifikasi.

Beberapa solusi yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. IDPRO bersama Nusantara Data Center Academy, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuat peta kurikulum yang lebih kuat dan spesifik.
  2. Tenaga pengajar diharapkan datang dari sektor industri agar pembelajaran yang tercipta bisa cocok dengan kebutuhan industri. Serta diperlukan kerjasama dari perguruan tinggi untuk mempercepat penyediaan kebutuhan talenta tersebut.
  3. Kebutuhan talenta juga dapat dicari dari industri yang memiliki niche yang sama seperti industri Oil & Gas dan Mining. Meningkatnya tren industri data center juga menarik talenta yang ada di industri lain untuk berpindah ke industri data center. Kandidat juga perlu untuk mengambil sertifikasi yang relevan agar mendapatkan kesempatan yang lebih besar.
  4. Kurikulum harus mulai ditumbuhkan di kampus atau lembaga pendamping kampus yang menyediakan sertifikasi profesional seperti yang dilakukan oleh Nusantara Data Center Academy.
  5. Para talenta juga perlu didorong agar dapat memiliki mental internasional agar talenta bisa berkancah di ranah global.


Semoga kedepannya, bersama-sama kita dapat menumbuhkan talenta data center yang andal.

Simak selengkapnya diskusi panel sesi 4 di video berikut ini (silahkan login untuk menyimak video) :

Login / Register for Full Panel Session Video
Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nusantara Academy
We Empower The Creation of Digital Ecosystems Through Talent Reskilling and Upskilling Programs for Indonesia
Receive the latest news

Nusantara Data Center Academy Newsletter

A reference for what’s happening behind the curtains of technology developments in Indonesia